Kekecewaaan Pelanggan adalah Aib bagi Perusahaan
Di masa tehnologi info seperti saat ini, jaringan data ialah satu yang dapat disebutkan tidak dapat dipisah dalam kehidupan setiap hari manusia. Ditambah lagi di waktu epidemi saat ini dimana kesibukan normal manusia biasanya semakin terbatas, karena itu keperluan akan jaringan data condong bertambah.
Pertanyaannya bagaimana jika jaringan data yang Anda sedang lagi butuh-butuhnya memiliki masalah serta permasalahan itu bukan terdapat pada piranti yang Anda pakai tetapi provider yang sediakan service?
Hal itu Penulis alami saat barusan perpanjang paket internet IM3Ooredoo pada 20/08/2020, ekstensi paket yang lancar tanpa ada permasalahan malah dengan cara mendadak tidak diimbangi kualitas jaringan data yang baik. Jaringan data saat itu juga memiliki masalah susah dibuka diikuti dengan koneksi yang RTO (Request Time Out) selama seharian.
Untuk customer pasti semua usaha dilaksanakan mengharap jaringan bisa selekasnya normal dengan merestart piranti. Tetapi hal itu berulang-kali dilaksanakan, tetap jaringan memiliki masalah.
Lanjut ke pilihan ke-2 yakni minta pertolongan pihal Call Center Indosat 185 agar bisa mengakhiri permasalahan. Belum protes dikirimkan malah hal tidak dapat dinalar dirasakan Penulis ketika untuk bicara pada Call Center karena itu Anda sebagai customer ditanggung Rp.1000,- untuk sekali pembicaraan.
Benar-benar mengagumkan bukan, Anda alami permasalahan serta untuk menyampaikannya karena itu Anda diharuskan bayar Rp.1000,-?
Oke-lah ada service Indosat Care lewat Twitter, namun bedasarkan pengalaman Penulis service dukungan ini responnya benar-benar lama serta berbelit-belit. Oke-lah ada service 3000-3000 untuk pilihan dari service 185, tapi ya kembali lagi Anda sebagai customer harus dikenai ongkos untuk mengontak mereka.
Entahlah darimanakah faksi manajemen Indosat belajar akan Konsumen Relation Management (CRM) disaat akses yang semestinya bisa menolong customer justru dikenai ongkos. Nilainya kemungkinan tidak berapa, tetapi rasa jengkel dikarenakan tidak dapat melakukan aktivitas karena jaringan data jelek rasanya tidak ridho untuk membayarnya.
Secara singkat, pada siang harinya Penulis memberikan laporan permasalahan yang ditemui pada pihak Call Center Indosat serta dibuatkan laporan untuk selekasnya dilakukan tindakan. Seputar jam 4 sore jaringan normal kembali yang lalu tanpa ada permasalahan, aduan Penulis itu dilakukan konfirmasi faksi Indosat jika sudah usai.
Namun mendekati waktu Maghrib, jaringan data kembali lagi memiliki masalah. Walaupun jaringan pada piranti tercantum 4G+ serta bar posisi jaringan penuh tetapi koneksi data alami RTO selama waktu sampai artikel ini dibikin (21/08/2020).
Selanjutnya Penulis untuk ke-2 serta ke-3 kalinya mengontak faksi Call Center Indosat bertanya apa sebetulnya permasalahan yang berlangsung pada jaringan data mereka. Namun kembali lagi jawaban tentatif serta serba prosedural ala Call Center terus-terusan yang didengar di telinga tanpa ada mengakhiri permasalahan.